Bandara Letung Di Perbatasan Natuna Mulai Difungsikan


bandara letung

Batasnegeri.com: Keberadaan Bandara Letung (Pulau Jemaja) di Kab. Kepulauan Anambas, Natuna yang hampir selesai dibangun. Implikasinya, bandara tersebut membuat wilayah perbatasan mendapat perhatian serius dari Pemerintah khususnya Kementerian Perhubungan (Kemhub).

“Bandara ini intinya tidak hanya dapat meningkatkan perekonomian wilayah perbatasan (Natuna), namun juga dapat berfungsi sebagai basis pertahanan dan keamanan negara,” kata Kepala Lab Transportasi Unika Soegijopranoto Semarang Djoko Setijowarno. ST, MT kepada Beritatrans.com di Jakata, Rabu (13/9/2017).

Dikatakan, Bandara Letung Natuna disukai pelancong mancanegara, karena dekat menuju ke Pulau Bawah – objek wisata yang cukup dikenal keindahan alamnya. “Pariwisata adalah salah tujuan pengembangan ekonomi Indonesia khususnya warga Natuna,” jelas Djoko.

Pengamat transportasi itu menambahkan, Bandara Letung memiliki ukuran landas pacu 1.200 x 30 meter, landas hubung 125 x 15 meter dan landas parkir untuk 3 pesawat 125 x 70 meter.

Pada tanggal 22 November 2016 telah dilakukan penerbanganb perdana. Sekarang sudah ada penerbangan komersial tiap hari Rabu menggunakan Susi Air dengan tarif subsidi Rp 350 ribu untuk rute Tanjungpinang (Pulau Bintan) – Letung (Kab. Anambas). Ada juga penerbangan sewa bagi turis yang berkunjung ke Pulau Bawah.

Sumber: beritatrans.com

Leave a Comment

*