Foto-Foto Penyerahan Bantuan MPPI berupa Perahu Puskesmas Keliling Bagi Pulau Kawaluso


image006

Batasnegeri.com – Yayasan Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) telah memberikan bantuan untuk meningkatkan pelayanan kesehatan bagi masyarakat Pulau Kawaluso, Kecamatan Kendahe, Kabupaten Kepulauan Sangihe, Provinsi Sulawesi Utara.

Pembina LSM MPPI Drs. Sutanto (kiri) saat memberikan bantuan secara simbolis kepada Kepala Dinas Kesehatan Kab. Kep. Sangihe

Bantuan berupa Perahu Puskesmas Keliling itu diterima oleh Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Kepulauan Sangihe Dr. Oktavianus Papodi MM di ruang meeting Hotel Madina Tahuna Kelurahan Tidore Kecamatan Tahuna Timur, Rabu (6/4/2016).

Sutanto mengatakan, warga perbatasan dan pulau-pulau kecil terluar berhak mendapatkan kesehatan yang baik. Atas pemikiran tersebut, maka LSM MPPI mencoba memberikan fasilitas kesehatan berupa perahu yang akan dijadikan puskesmas keliling yang terbuat dari kayu dengan spesifikasi panjang 7 meter, lebar 2.5 meter, mesin merk Yamaha 40 PK, dan alat kesehatan standar (Pustukit).

Penandatangan Berita Acara Penyerahan bantuan Mesin Perahu, Pustukit dan obat-obatan

“dengan adanya bantuan kesehatan tersebut, warga Pulau Kawaluso mendapatkan perhatian kesehatan yang lebih baik lagi dari sebelumnya. Mendorong lembaga-lembaga kesehatan maupun instansi pemerintah daerah untuk lebih optimal dan prihatin dengan kondisi saudara-saudara kita yang berada jauh di pulau-pulau kecil, seperti masyarakat di pulau Kawaluso,” kata Sutanto.

Sementara itu, Kadinkes Kabupaten Kep. Sangihe, dr Octavianus mengatakan, spesifikasi perahu yang terbuat dari kayu tersebut dianggap layak untuk masyarakat Pulau Kawaluso, sebab selama ini ada beberapa instansi pemerintah yang memberikan bantuan perahu (puskesmas keliling) terbuat dari fiber yang mudah hancur apabila terkena karang.

“Tentunya kami berterima kasih atas bantuan yang sudah diberikan,” kata dia.

Kepala Badan Kesbangpol LH Makagansa juga menyatakan terima kasih a.
atas nama Pemkab dan masyarakat setempat juga menyatakan terima kasih kepada LSM MPPI karena telah memperhatikan PPKT di wilayah sangihe, termasuk Pulau Kawaluso yang membutuhkan pelayanan kesehatan.[*]

 

 

Leave a Comment

*