Hampir Setiap Bulan Satgas Pamtas Temukan Ladang Ganja Di Perbatasan Indonesia-PNG


Prajurit-TNI-Menunjukkan-Ganja-Yang-Berhasil-diamankan-696x522

Batasnegeri.com: Prajurit TNI Satgas Pamtas Yonif Mekanis 512/QY kembali berhasil menemukan ladang ganja setinggi 2 sampai  2,5 meter sebanyak 27 pohon di wilayah perbatasan Indonesia – Papua Nugini, Distrik Waris Papua, Minggu 12 November 2017.

Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos menyampaikan, penemuan tanaman ganja kali ini sama persis dengan penemuan sebelumnya (30 Oktober 2017).

“Ini murni dari pelaksanaan kegiatan patroli keamanan wilayah Pos Kalimo yang dipimpin oleh Letda Inf Eko Widiyanto Kompi A Satgas Yonif Mekanis 512/QY,” ujar Letkol Inf Budi Handoko, Senin (13/11).

Penemuan ladang  ganja kali ini merupakan yang keempat kalinya bagi Satgas Pamtas RI-PNG Yonif Mekanis 512/QY dan ketiga kalinya oleh Pos 3-A/Yonif Mekanis 512-Kalimo, selama melaksanakan tugas pengamanan perbatasan.

Letda Inf Eko Widiyanto selaku Danpos 3-A/Yonif Mekanis 512-Kalimo yang juga bertindak sebagai dantim patroli memimpin pelaksanaan patroli keamanan mengatakan, tanaman tersebut berada di tengah hutan wilayah Distrik Waris.

“Kedudukan atau titik tersebut termasuk dalam koordinat rute patroli keamanan yang dilaksanakan oleh tim patroli, jadi ini kami temukan memang tanpa sengaja,” ujar Eko.

Barang bukti 27 batang tanaman ganja tersebut kemudian diserahkan kepada Tim Intel Kolakopsrem 172/PWY untuk dimusnahkan.

Dansatgas Yonif Mekanis 512/QY Letkol Inf Budi Handoko, S.Sos juga memberikan intruksi kepada seluruh pos jajaran Satgas Yonif Mekanis 512/QY khususnya pos-pos yang berada diwilayah tersebut untuk terus meningkatkan intensitas kegiatan patroli keamanan serta aktif mencari dan menggali informasi terkait dengan keberadaan ladang ganja lain yang sangat mungkin masih terdapat di sekitar perbatasan RI-PNG.

Sementara, dihari yang sama, Minggu (12/11) bertempat di Pelabuhan Laut Jayapura, dua pelaku pembawa Narkotika jenis ganja berhasil dibekuk Polsek KP3 Laut Jayapura.

Awalnya pada pukul 16.00 WIT, anggota kepolisian yang melakukan razia terhadap penumpang kapal laut KM. Dobonsolo berhasil menangkap seorang pria dengan inisial MR (40 tahun) beserta barang bukti (BB) 26 bungkus Narkotika jenis ganja.

Selanjutnya, sekitar pukul 19.10 WIT, aparat kepolisian kembali mengamankan seorang pelaku dengan inisial DD (14 tahun) dengan BB Narkotika jenis Ganja sbanyak satu bungkus plastik bening ukuran sedang.

Paur Humas Polres Jayapura Kota Iptu Jahja Rumra, ketika dikonfirmasi membenarkan adanya penangkapan tersebut.

“Dari pengakuan pelaku DD pada saat dilakukan interogasi di Polsek KPL Jayapura, pelaku mengaku membeli ganja dari seseorang yg tidak dikenal namanya di Kotaraja Papua seharga Rp 500 ribu untuk satu paket sedang dan akan dijual lagi di Kabupaten Nabire seharga Rp 100 ribu,” jelas Jahja, Senin (13/11).

pelaku dan barang bukti saat ini diserahkan ke Sat Narkoba Polres Jayapura Kota guna pengembangan kasus dan proses hukum lebih lanjut.

Sumber: batasnegeri.com

Leave a Comment

*