Inilah Wajah Baru Sota, Perbatasan Paling Timur Indonesia


sota 1

Batasnegeri.com: Tahun 2017 merupakan awal dari perubahan disemua kawasan perbatasan di Indonesia. Pemerintah kita era Pak Presiden Jokowi merubah total semua perbatasan dengan membangun kembali semua bangunan dan melengkapi fasilitas pendukung yang semakin menunjang aktifitas di Perbatasan. Tak terkecuali Perbatasan Sota yang merupakan perbatasan utama di Timur Indonesia dengan Negara Papua New Guinea yang ada di Merauke.

Kini diperbatasan sota sudah dibangun tugu 0 km di timur Indonesia. Tugu ini menjadi incaran tujuan para traveller untuk diabadikan dalam bidikan kamera. Banyak yang sengaja datang ke tugu ini hanya untuk berfoto dan melihat langsung rupa tugu 0 km timur indonesia. Tugu yang bertulisankan “0 km Merauke-Sabang” berdiri megah diperbatasan sota sehingga menambah warna baru di perbatasan ini.

sota 2

Sota sendiri merupakan sebuah nama perkampungan atau distrik yang ada di Kabupaten Merauke Papua. Kampung Sota berjarak 80 Km dari Kabupaten Merauke dan dapat ditempuh dengan waktu sekitar 1-2 jam perjalanan darat dengan kendaraan pribadi atau umum. Tenang saja, semua jalan menuju Perbatasan Sota sudah sangat baik. Jalan aspal yang lumayan mulus akan kita jumpai sampai kita tiba di Perbatasan Sota.

Perjalanan Dari Merauke menuju Perbatasan Sota maka kita pasti kita harus  melewaati Kampung Wasur dan Kawasan Taman Nasional Wasur. Distrik Sota memang terletak diantara Taman Nasional Wasur sehingga sebagian besar kawasanya merupakan wilayah yang tutupan lahan hutan dan semak belukar atau hutan belantara. Warga yang ada di Perbatasan Sota sendiri bermata pencaharian petani, pekebun dan berburu. Banyak yang melintasin perbatasan ini hanya untuk berbelanja atau menjual hasil buruan atau perkebunan.

sota 3

Meski listrik yang ada di Perbatasan Sota terbatas dan hanya akan menyala saat malam saja namun tak mengubah Bukti dari kemajuan perkembangan perbatasan dibandingkan sebelumnya. Di Kawasan Perbatasan Sota juga dibangun sebuah taman kawasan perbatasan yang dapat berfungsi sebagai taman rekreasi.

sota 4

Nah taman ini akan ramai oleh pengunjung dari kedua negara bila hari minggu atau hari libur tiba. Selain Taman, ada juga tugu perbatasan yang melegenda dan juga papan nama perbatasan yang sering kali dijadikan spot foto.

Sumber : backpackerjakarta.com

Leave a Comment

*