Jangan Pakai Pancasila untuk Adu Domba


pancasila-1Batasnegeri.com – Situasi politik yang terus memanas menggugah Ketua MPR Zulkifli Hasan angkat bicara. Pancasila yang sejatinya menjadi alat pemersatu bangsa, dalam pengamatan Zulkifli, justru disalahgunakan oleh pihak-pihak tertentu sebagai alat untuk mengotak-ngotakkan. Gejala intoleransi merebak di mana-mana.

“Pancasila memuat nilai-nilai luhur bangsa, jangan sampai digunakan untuk menjustifikasi dan pengotak-ngotakan bangsa. Janganlah satu kelompok merasa Pancasilais dan mengecam kelompok lain sebagai tidak Pancasilais,” kata Zulkifli saat menyampaikan sosialisasi empat pilar di Cirebon, Jawa Barat,beberapa waktu lalu.

Peringatan Ketua MPR ini sangat relevan dengan kondisi bangsa Indonesia saat ini. Sebagai bangsa besar yang mendiami wilayah nan luas dengan ratusan suku, adat istiadat, ratusan bahasa, Pancasila lah pemersatunya. Pancasila merupakan pemersatu bangsa Indonesia.

Pernyataan Zulkifli juga realistis mengingat 2018 (pilkada) dan 2019 (pilpres) merupakan tahun politik bagi negeri ini. Biasanya, tensi di masyarakat meninggi seiring dengan panasnya suhu politik di Tanah Air sehingga dikhawatirkan muncul isu-isu yang menggesek persatuan bangsa.

Sebagai bangsa kita tentu punya tekad yang sama untuk mengawal dan merawat sila-sila dalam Pancasila dari gangguan apapun. Karena Pancasila lahir bersama bangsa Indonesia. Nilai-nilai yang terkandung didalamnya digali dari budaya bangsa Indonesia. Maka menjadi tanggung jawab bersama seluruh anak bangsa untuk menjadikannya pedoman, pegangan, kekuatan rohaniah dalam kehidupan bermasyarakat, berbangsa dan bernegara. [*]

Leave a Comment

*