Kementerian ESDM Berikan Bantuan Untuk Marinir Penjaga Perbatasan


bantuan esdm

Bantuan LTSHE di pulau Sebatik.

Batasnegeri.com: Kementerian ESDM pada hari Minggu (11/2) kemarin, memberikan bantuan kepada anggota Marinir yang bertugas menjaga wilayah perbatasan di Sebatik, Nunukan, Kalimantan Utara. Bantuan tersebut berupa paket Lampu Tenaga Surya Hemat Energi (LTSHE), agar pos-pos perbatasan bisa semakin terang.

Bantuan LTSHE tersebut tersebut diserahkan langsung Komandan Korps Marinir Mayjen TNI (Mar) Bambang Suswantono, S.H., M.H., M. Tr (Han) kepada Komandan Satgasmar pulau Sebatik. Pada kesempatan yang sama, Dankormar juga menyerahkan paket LTSHE kepada Bupati Nunukan. Penyerahan bantuan 15 paket LTSHE ini disaksikan oleh Forkopinda Kabupaten Nunukan Kaltara dan prajurit Marinir yang sedang bertugas.
Sebelumnya, Dankormar juga menyerahkan 6 paket lampu LTSHE untuk beberapa unusur masyarakat di pulau Miangas, Sulawesi Utara di balai kecamatan Miangas, Jumat (9/2/2018). Keenam paket LTSHE ini diserahkan Dankormar kepada Camat, Danramil,  Kapolsek, Danposal dan Tertua adat Miangas yang disaksikan oleh segenap warga masyarakat dan prajurit Marinir yang sedang melaksanakan latihan di perbatasan Indonesia-Filipina tersebut.
Lampu Tenaga Surya Hemat Energi per paketnya terdiri dari panel surya berkapasitas 20 watt peak, 4 lampu LED dan baterai. Prinsip kerja LTSHE ini adalah energi matahari ditangkap oleh panel surya, diubah menjadi energi listrik kemudian disimpan dalam baterai yang kemudian digunakan untuk menyalakan lampu. Lampu LTSHE dapat beroperasi maksimum hingga 60 jam.
Sumber : gerbangnews.com

Leave a Comment

*