Masuk Anggota G20, Jokowi: Bukti RI Negara Besar


jokowi-_160627185327-721Batasnegeri.com: “Kita sudah masuk negara G20 artinya sudah menjadi negara besar, seharusnya tidak lagi mencari bantuan-bantuan tapi sebaliknya, kita membantu,” kata Jokowi¬†dalam rapat kerja yang dihadiri 134 perwakilan RI di luar negeri, seperti para duta besar di Kementerian Luar Negeri (Kemlu) Jakarta, Senin (12/2/2018).

G20 atau Group of Twenty terdiri dari 19 negara dengan perekonomian besar ditambah dengan Uni Eropa.

Jokowi mengatakan, pertumbuhan ekonomi yang mencapai5,07 persen membuat Indonesia menjadi negara dengan ekonomi yang baik. Dia melanjutkan, Indonesia kedepan harus aktif untuk memberikan bantuan kepada negara-negara yang membutuhkan.

Ia mencontohkan bantuan yang telah mulai dilakukan dalam setahun terakhir seperti pengiriman bantuan kepada pengungsi Rohingya di Bangladesh. Juga diplomasi perdamaian di Afghanistan dan di Palestina. “Harus dianggarkan. Seperti kemarin negara-negara pasifik yang kita bantu,” ujarnya.

Presiden mengungkapkan, di antara negara di kawasan ASEAN, hanya Indonesia yang masuk dalam anggota G20.

“Kita sudah masuk ke G20 tapi kita enggak merasa. Menjadi negara kecil saja. Di ASEAN yang masuk G20 kita saja. Negara gede kita ini. Jadi sekali lagi, untuk menunjukkan itu kita harus merasa besar,” lanjut dia.

“Jadi nanti kalau ada sumit, saya minta duduk dekat dengan tuan rumah, nggak mau di pojokan, ini bukan untuk saya tapi untuk negara,” katanya. [*]

Leave a Comment

*