MPPI Bagi-Bagi Kalender Dinding 2018 di Perbatasan Sota, Merauke


Dok. Batas Negeri

Dok. Batas Negeri

Batasnegeri.com – Januari 2018, para volunteer Masyarakat Peduli Perbatasan Indonesia (MPPI) menyambangi wilayah perbatasan Indonesia-Papua Nugini (PNG) di Sota, Kabupaten Merauke. Di tempat yang telah menjadi salah satu destinasi wisata itu, mereka membagi-bagikan kalender dinding tahun 2018 kepada para pengunjung maupun kepada pemilik toko cindera mata di sekitar tugu Kilo meter Nol Merauke-Sabang.

Dok. Batas Negeri

Dok. Batas Negeri

Kalender dinding produksi MPPI itu bertajuk “Nawacita Jokowi di Tanah Papua”.  Berisikan gambar-gambar sejumlah infrastruktur yang dibangun di wilayah Provinsi Papua dan Papua Barat pada era Pemerintahan Jokowi-JK, seperti Jalan Trans Papua, program Tol Laut Seget dan Sorong, Jembatan Holtekam, Pasar Mama-Mama Papua di Sentani, Jayapura, dan Pasar Rufe’i Sorong, serta Pos Lintas Batas Negara (PLBN) Skouw.

Dok. Batas Negeri

Dok. Batas Negeri

“Kegiatan MPPI ini bertujuan untuk meningkatkan rasa cinta tanah air, sekaligus meliterasi masyarakat di wilayah perbatasan agar memahami perhatian Pemerintah yang sedang gencar-gencarnya membangun berbagai infrastruktur di wilayah mereka,” ungkap Budi, salah seorang volunteer MPPI.

Dok. Batas Negeri

Dok. Batas Negeri

Selain kepada pengunjung dan pemilik toko cindera matas, Budi dan rekan-rekan dari MPPI juga membagikan kalender tersebut kepada prajurit TNI yang bertugas melakukan pengamanan perbatasan (Pamtas) RI-PNG di Sota.

Dok. Batas Negeri

Dok. Batas Negeri

Budi berharap, melalui literasi ini partisipasi warga perbatasan bisa terbangun untuk ikut membantu prajurit TNI (Satgas Pamtas) menjaga wilayah mereka dari upaya-upaya ilegal seperti penyelundupan narkoba dan pencurian kekayaan alam.

Dok. Batas Negeri

Dok. Batas Negeri

Selain di wilayah perbatasan Sota, MPPI juga membagi-bagikan kalender dinding yang sama di Kota Merauke dan sekitarnya, khususnya kepada para pelajar dan pedagang di pasar-pasar tradisional.[*]

 

Leave a Comment

*