Program Tol Laut, Sudah sampai dimana?


Tol-Laut-JokowiBatasnegeri.com – Masih ingat janji Jokowi di masa kampanye Cepres 2014? Salah satu yang melekat kuat dalam ingatan kita adalah gagasannya untuk membangun tol laut.

Bagaimana perkembangan program unggulan pemerintahan Jokowi dan JK ini setelah tiga tahun berkuasa?

Jelang akhir 2017, Menteri Perhubungan (Menhub) Budi Karya Sumadi menuturkan, saat ini program Tol Laut terus berkembang dan sudah memiliki 13 lintasan atau trayek. Trayek Tol Laut lebih banyak berada di kawasan timur Indonesia. Dari 13 trayek yang ada, 11 diantaranya berada di kawasan timur Indonesia. Adapun dua trayek sisanya berada di kawasan barat Indonesia.

“(Trayek Tol Laut tersebut) dikerjakan oleh BUMN dan swasta,” ujarnya Budi Karya.

Menhub mengatakan, kehadiran Tol Laut memberikan efek yang positif kepada masyarakat. Disparitas harga barang turun hingga 20-24 persen.

“Di sana (wilayah timur) kami juga bangun kapal ternak, kapal ternak memang baru satu,” ujar Budi sembari menambahkan bahwa tahun ini (2018) akan dibangun lagi beberapa kapal ternak.

Berikut 13 trayek Tol Laut tersebut:

  1. Rute T1, yaitu Tanjung Perak-Wanci-Namlea-Wanci-Tanjung Perak.
  2. Rute T2, yaitu Tanjung Perak-Kalabahi-Moa-Saumlaki-Moa-Kalabahi-Tanjung Perak.
  3. Rute T3, yaitu Tanjung Perak-Calabai (Dompu)-Maumere-Larantuka-Lewoleba-Rote-Sabu-Waingapu-Sabu-Rote-Lewoleba-Larantuka-Maumere-Calabai (Dompu)-Tanjung Perak.
  4. Rute T4, yaitu Tanjung Perak-Bau Bau-Manokwari-Bau Bau-Tanjung Perak.
  5. Rute T5, yaitu Makassar-Tahuna-Lirung-Tahuna-Makassar.
  6. Rute T6, yaitu Tanjung Priok-Natuna-Tanjung Priok.
  7. Rute T7, yaitu Tanjung Priok-Enggano-Mentawai-Enggano-Tanjung Priok.
  8. Rute T8, yaitu Tanjung Perak-Belang Belang-207-Sangatta-P Sebatik-Tanjung Perak.
  9. Rute T9, yaitu Tanjung Perak-Kisar (Wonreli)-Namrole-Kisar (Wonreli)-Tanjung Perak.
  10. Rute T10, yaitu Makassar-Tidore-Tobelo-Morotai-Maba-Pulau Gebe-Maba-Morotai-Tobelo-Tidore-Makassar.
  11. Rute T11, yaitu Tanjung Perak-Dobo-Merauke-Dobo-Tanjung Perak.
  12. Rute T12, yaitu Makassar-Wasior-Nabire-Serui-Biak-Serui-Nabire-Wasior-Makassar.
  13. Rute T13, yaitu Tanjung Perak-Fakfak-Kaimana-Timika-Kaimana-Fakfak-Tanjung Perak.

Selain membuka trayek dan pengadaan kapal, Presiden Jokowi terus meningkatkan pembangunan fasilitas untuk menunjang kebutuhan transportasi laut seperti akselerasi pembangunan setiap pelabuhan dan fasilitasnya serta pengadaan kapal-kapal perintis dengan tiket yang disubsidi Pemerintah. Diharapkan dalam waktu cepat dapat memenuhi kebutuhan pokok masyarakat dengan harga yang stabil dan terjangkau oleh masyarakat setempat.

Sebagai bangsa, kita tentu berharap agar Presiden Jokowi bersama Kabinet Kerja yang dipimpinnya terus bekerja keras mewujudkan janji-janji kampanye. Pencapaian pembangunan program Tol Laut patut membuat kita berbesar hati, apalagi telah berhasil menurunkan disparitas harga barang hingga 20-24 persen.

1. Pentingnya Tol Laut

Setelah tiga tahun berjalan, harga semen di Papua saat ini bisa ditekan menjadi Rp 500 ribu per zak. Artinya, jauh di atas asumsi penurunan disparitas harga 20-24 persen sebagaimana diungkap Budi Karya.

Setidaknya masyarakat Papua secara bertahap telah mulai menikmati barang-barang kebutuhan pokok dengan harga terjangkau. Tidak lagi terus-menerus mengeluh harga mahal lantaran kendala distribusi dan medan yang berat. Apalagi di wilayah paling timur Indonesia ini, program Tol Laut berjalan sinergis dengan program jalan Trans Papua yang saat ini sudah mencapai 80 persen.

Siapa tahu setelah itu, dampak positif dari kedua program ini bisa meredam keinginan kelompok-kelompok tertentu di Papua yang selama ini sering meneriakkan tuntutan merdeka. Semoga [*]

Gerry Setiawan

 

Leave a Comment

*