Proyek Palapa Ring Barat Atasi Kesenjangan Di Perbatasan


sambas

Salah Satu Daerah Di Sambas

Batasnegeri.com: Kepala Dinas Komunikasi, Informatika dan Statistik Kabupaten Kepulauan Anambas optimis proyek Palapa Ring Barat (PRB) bakal beroperasi di tahun 2018 ini.

Proyek dari Pemerintah Pusat yang menjadi salah satu program strategis itu, digadang-gadang menjadi solusi untuk memutus kesenjangan telekomunikasi di daerah perbatasan.

“Untuk Palapa Ring Barat (PRB) sekitar dua atau tiga hari yang lalu datang orang untuk menyambung kabel laut dan darat. Mereka katakan sudah tersambung. Saat ini, teknisi mereka dalam proses connecting sampai benar-benar up,” ujarnya Jumat (12/1/2018).

Bila telah beroperasi, sejumlah provider yang ada di Anambas pun, nantinya bakal meng-upgrade perangkat mereka yang semula menggunakan sistem satelit ke sistem fiber optic.

“Ke depannya nanti seperti itu. ‎Karena sistemnya Palapa Ring Barat ini menggunakan serat kaca. Kalau dari target awal, sekitar bulan Agustus 2018 ini beroperasi dan sudah bisa dimanfaatkan,” bebernya.

Dengan hadirnya PRB, kesenjangan digital khususnya di daerah perbatasan setidaknya dapat teratasi.

Pihaknya tidak menampik, persoalan telekomunikasi menjadi hal klasik yang kerap kali menjadi PR Pemerintah Daerah di Anambas.

“Tinggal upaya kami ke depan, kesenjangan digital ini benar-benar bisa teratasi. Ini memang tugas berat Kominfo,” ungkapnya. S

elain PRB, sejumlah program terkait optimalisasi akses telekomunikasi coba dilakukan mulai dari WiFi Nusantara, termasuk optimilasasi sejumlah Base Tranceiver Station (BTS) yang terhubung ke sejumlah daerah yang masih blank spot.

Sumber: tribunnews.com

Leave a Comment

*