Puncak Bhakti TNI AL Dilaksanakan di Wilayah Perbatasan


Puncak Bhakti TNI AL dilaksanakan di wilayah perbatasan.

Puncak Bhakti TNI AL dilaksanakan di wilayah perbatasan.

Batasnegeri.com: Pulau Miangas Kabupaten Kepulauan Talaud, dipilih sebagai lokasi puncak operasi Bhakti TNI AL, wilayah perbatasan tahun 2017.

Komandan Lantamal VIII Laksamana Pertama TNI Ahmadi Heri Purwono, SE MM, beserta Kadispotmar Mabesal Brigjend TNI (Mar) I Ketut Suarya dan Letjend TNI (Purn) Suyono (Komisaris Utama SCM)  tiba di bandara Miangas, dengan menggunakan pesud TNI AL CN-235. Selanjutnya rombongan meninjau hasil fisik pembangunan RTLH dan pembangunan tendon dan penyerahan secara simbolis hasil kegiatan fisik serta bantuan kunci RLTH oleh Danlantamal VIII.

Kasal dalam sambutannya dibacakan Danlantamal VIII, menyampaikan Operasi Bhakti TNI AL di Pulau Miangas merupakan program kerja TNI Angkatan Laut, yang bertujuan membangun wawasan kebangsaan dan bela Negara.

“Serta upaya menjaga stabilitas nasional sekaligus turut serta mensukseskan program pemerintah dalam percepatan pembangunan di daerah perbatasan laut, peningkatan kesehatan dan kesejahteraan masyarakat serta peduli lingkungan yang pada akhirnya dapat berdaya guna bagi pertahanan negara di laut,” kata Danlantamal VIII.

Menurut Danlantamal dipilihnya pulau Miangas dikarenakan posisi pulau Miangas yang berbatasan dengan Filipina, merupakan pulau terdepan Indonesia yang tentunya sangat membutuhkan perhatian intensif dari pemerintah daerah, maupun pemerintah pusat.

“Daerah perbatasan harus kuat sebagai penopang pertahanan negara di laut,” ucapnya.

Lanjut Danlantamal, kegiatan yang dilaksanakan meliputi kegiatan sasaran fisik dan nonfisik, kegiatan fisik diantaranya pedang rumah tidak layak huni, pembangunan MCK, renovasi balai pertemuan dan penyediaan air bersih. Kegiatan non fisik berupa pelayanan kesehatan, penyuluhan kesehatan, penyuluhan wawasan kebangsaan bela negara dan cinta tanah air dalam pelaksanaannya melibatkan berbagai unsur TNI Angkatan Laut dan bekerjasama dengan pemerintah daerah instansi terkait dan swasta.

“Kegiatan bakti TNI Angkatan Laut pada tahun ini mulai kita tingkatkan intensitasnya khusus di pulau-pulau terdepan yang berbatasan dengan negara lain hal ini merupakan salah satu bentuk kegiatan yang dilakukan TNI AL dalam mendukung program pemerintah Indonesia dalam membangun kembali budaya maritim sekaligus dalam membangun kekuatan pertahanan maritim Indonesia,” jelasnya.

Sumber : indobrita.co

Leave a Comment

*