Satgas Pamtas Ajari Warga Kampung Upkim Cara Mengolah Bambu Menjadi Kipas


buat kipas

Batasnegeri.com: Kehadiran Satgas Yonif 405 Surya Kusuma di wilayah tapal batas, selain menjalankan tugas pokok mereka  mengamankan perbatasan, satuan ini juga menginginkan masyarakat yang ada di sekitar pos  mendapat banyak pengetahuan yang bermanfaat, salah satunya terkait dengan keterampilan  mengelola bahan alam yang ada.

Kegiatan kali ini, satgas Yonif 405 Surya Kusuma yang di pusatkan di kampung Upkim Distrik Waropko memanfaatkan Bambu,  sebagai bahan pembuat kipas.

Antusias masyarakat setempat sangat luar biasa di mana kegiatan pelatihan ini, merupakan keuntungan bagi mereka untuk dapat meningkatkan taraf hidup dengan menjadikan bahan alam yang ada sebagai mata pencarian mereka melalui keterampilan.

Kopda Nur Ahmat selaku pelatih menjelaskan, dengan kemampuan yang Ia miliki dalam membuat kipas, tentunya dapat membantu masyarakat di perbatasan, semoga mereka dapat mengikuti ini secara baik dan kemudian  dapat mengolahnya sendiri menjadi bahan yang bermanfaat bagi peningkatan ekonomi keluarga.

” Ya pada intinya ilmu yang saya miliki, akan saya bagikan ke masyarakat perbatasan, sehingga bahan-bahan alam yang begitu banyak di Boven Digoel ini dapat di manfaatkan secara baik oleh masyarakat untuk menunjang peningkatan kehidupan mereka.” Ujarnya pada RRI  Selasa, ( 29 /8 / 2017 ).

Mewakili masayarakat Kampung Upkim, Yosep Amtop menyampaikan banyak terima kasih pada Satgas yang telah memberikan banyak pengetahuan pada mereka selama ini, terkait dengan pengolahan bahan alam yang ada, tentunya ini sangat membantu masyarakat di perbatasan untuk mencari tambahan penghasilan dari keterampilan yang ada.

Sumber: rri.co.id

Leave a Comment

*