Tuan Rumah PON ke-20, Papua Bakal Punya Stadion Terbesar Kedua Setelah GBK


Papua-stadion1

Papua-stadion1

Batasnegeri.com – Jika Anda berkunjung ke Papua, tak lama setelah turun dari pesawat dan meninggalkan Bandara Sentani menuju Jayapura, ibu Kota Provinsi Papua, Anda akan menyaksikan kesibukan para pekerja proyek pembangunan Stadion Papua Bangkit.

Stadion ini diperkirakan akan menjadi stadion kedua terbesar‎ setelah Stadion Gelora Bung Karno (GBK) Jakarta. Stadion yang dibangun untuk menyongsong penyelenggaraan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX tahun 2020 itu  ditargetkan selesai pada akhir 2018.

 

Papua-stadion2

Project Manager PT PP (Persero) Dwi Aji Wicaksono mengatakan, proyek tersebut mulai dibangun pada akhir 2016 lalu dan hingga sekarang masih terus giat dilaksanakan. Hingga saat ini, kemajuan pembangunannya telah mencapai 29 persen.‎

“Progres sudah 29 persen, kita lebih cepat dari rencana. Jadi rencana hanya sekitar 20 persen,” ujar dia di Jayapura, Papua, seperti ditulis Kamis (23/11/2017).

 

Papua-stadion4

Proyek dengan kontrak senilai Rp 1,3 triliun ini memiliki total area 13,7 hektare (ha) dengan luas stadion utama 71.697 meter persegi. Selain itu, kompleks stadion juga dilengkapi dengan lapangan latihan seluas 13 ribu meter persegi dan bangunan utility seluas 450 meter persegi.

Dwi menyatakan, stadion yang berlokasi di Nolokla, Sentani, Jayapura ini memiliki kapasitas 40 ribu penonton. Dengan kapasitas sebesar ini, Stadion Papua Bangkit akan menjadi stadion kedua terbesar setelah GBK.

“Jadi ini kapasitasnya 40 ribu penonton, kalau GBK 80 ribu penonton,” kata dia.

Papua-stadion3

Pembukaan Pekan Olahraga Nasional (PON) ke-20 tahun 2020 rencananya akan dibuka di stadion tersebut. Para atlet nasional berbagai cabang olahraga akan hadir di tempat ini mewakili daerah asalnya masing-masing, untuk meraih prestasi olahraga di Bumi Cenderawasih ini.

“Target selesai di Desember 2018. Ini disiapkan untuk PON 2020, jadi memang penyelenggaraan PON di 2020 tapi di Desember 2018 harus selesai, sesuai kontrak,” ujar dia.[*]

Sumber: Liputan6.com

Leave a Comment

*